Tumbuhan Spirulina

Tumbuhan spirulina adalah ganggang renik (mikroalga) berwarna hijau kabiruan yang hidupnya tersebar luas dalam semua ekosistem, mencakup ekosistem daratan dan ekosistem perairan yang baik itu air tawar, air payau,maupun air laut. Spirulina mulai tumbuh di danau-danau alami dengan keasaman air alkalis (pH 8,5-11) sehingga bisa tumbuh monokultur (murni) seperti di danau Chad, Lembah Rift, Texcoco, Togo, Ethiophia, Kenya, dan Peru. Di Indonesia mikroalga ini tumuh endemic di Situ Ciburuji, Padalarang dan Ranu Kelakah. Spirulina dapat tumbuh subur pada kisaran suhu 18-40 derajat celcius dengan intesitas cahaya rendah sampai tinggi (500-350.000 lux).

Dalam dunia tumbuhan, tumbuhan spirulina dikelompokkan ke dalam Thallophyta yaitu tumbuhan yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati. Di keompok Thallophyta, spirulina masuk dalam dunia alga dengan khas Chrysophyceae atau Cyanoacterium karena tidak memiliki inti sel (akaryota). Bakal ini sel spirulina tersusun atas partikel-partikel khromatin. Dinding sel spirulina mengandung polisakarida dalam bentuk mukopolisakarida seperti bakteri yang berfungsi sebagai makanan cadangan. Spirulina memiliki zat warna Cyanophysin sehingga dikenal juga dengan nama Cyanobakterium. Kelompok Cyanophyceae dicirikan oleh adanya zat warna hijau kebiruan (Cyanophisin), tidak memiliki flagella dan bergerak dengan meluncur.

Ganggang renik tumbuhan spirulina adalah multiselular berbentuk filament (benang) yang tersusun atas sel-sel berbentuk silindris tanpa sekat pemisah (septa), tidak bercabang dengan trikhoma (benang) berbentuk helik (berpilin) dan berwarna hijau kebirua. Panjang trikhoma sekitar 20 mm, sehingga terlihat dengan mata telanjang. Diameter sel 1-3 um pada tipe yang lebih kecil, sedangkan pada tipe yang lebih besar 3-12 um. Meskipun demikian, ada juga sel spirulina yang tumbuh sampai 35-50 um, seperti yang ada di danau Chad, Meksiko.  Stoplasma spirulina memiliki sekat pemisah. Septa inilah yang oleh para ahli fikologi digunakann untuk membuat sistematka dari tipe spirulina. Pada sitoplasma spirulina tampak adanya granular nsitoplasma yang mengandung vakuola gas.

spirulina 1Kesehatan manusia dapat terpelihara dengan baik apabila asupan nutrisi (protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral) terpenuhi dengan baik dan memiliki kualitas dan kuantitas yang tepat, ketat, dan berkesinambungan. Untuk itu pemelihan bahan pangan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh harus diperhatikan agar kesehatan kita tetap prima. Salah satu alternative bahan pangan alami yang bisa memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh kita adalah spirulina sebab kandungan nutrisi yang dimilikinya sangat lengkap. Protein sangat dibutuhkan sekali bagi pertumbuhan manusia karena berfungsi untuk mengatur metabolime tubuh. Kandungan protein spirulina jauh lebih besar dibandingkan dengan berbagai sumber protein yang dikandung oleh jenis pangan lainnya. Kandungan protein spirulina berkisar antara 50-70% berat kering. Variasi kandungan protein tersebut ditentukan oleh kondisi pertumbuhan dan presentase kadar debunya. Sementara jenis vitamin yang terkandung dalam spirulina adalah beta carotene ()provitamin A),inositol, tocopherol, dan niacin.

 


=====================================

>>> Spirulina Luxor Makanan Terlengkap Untuk Kesehatan Yang Membersihkan (Detoksifikasi) dan Memberi Gizi, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Khasiat Spirulina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>