Kandungan dan Manfaat Spirulina

spirulina_powderBanyak sekali manfaat dari spirulina yang memiliki kandungan sumber zat besi, selenium dan vitamin B kompleks. Spirulin kaya akan kandungan phycocyanin yaitu pigmen pemberi warna biru yang tinggi protein berguna untuk mendukung perkembangan tubuh dan sel otak terutama bagi anak. Selain itu juga bermnfaat sebagai antioksidan, anti radang dan pelindung sel otak. Ganggang ini pun merupakan sumber selenium, salah satu mineral esenssial yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi.

Kandungan zat besi spirulina berguna mencegah anemia. Spirulina juga kaya kandungan gamma linoleic acid yaitu asam lemak yang menjaga dan memperbaiki fungsi hati serta membantu pembentukan darah.

Spirulina yang berbentuk seperti ganggang renik adalah multi selular berbentuk filamen (benang) yang tersusun atas sel-se berbentuk silindris tanpa sekat pemisah (septa) tidak bercabang dengan trikhoma (benag) berbentuk helik (berpilin) dan berwarna hijau kebiruan. Panjang trikhoma sekitar 20 mm, sehingga terlihat dengan mata telanjang.

Kesehaan manusia dapat terpelihara dengan baik apabila asupan nutrisi (protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral) terpenuhi dengan baik dan memiliki kualitaas dan kuantitas yang tepat, ketat dan berkesinambungan.

Untuk itu, pemilihan bahan pangan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh harus diperhatikan agar kesehatan kita tetap prima. Salah satu alternatif bahan pangan alami yang bisa memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh kita adalah spirulina, sebab kandungan nutrisi yang dimiliki spirulina sangat lengkap.

Kandungan protein spirulima jauh lebih besar dibandingkan dengan berbagai sumber protein yang dikandung oleh jenis bahan pangan lainnya. Kandungan spirulina yang mencapai 60-70%, atau 2 kali lebih besar daripada kandungan protein yang dimiliki kacang kedelai dan susu bubuk yang hanya 35%, sementara untuk bahan pangan yang lain nilainya jauh lebih kecil.

Selain kandungan protein, spirulina memiliki kandungan asam amino yang digunakan untuk mempertahankan keseimbangan nitrogen dalam tubuh. Asam amino dapat menambah kadar oksigen dalam tubuh agar daya tahan tubuh lebih kuar menghadapi penyakit. kebutuhan asam amino pada setiap orang berbeda tergantung pada jenis kelamin, umur, aktivitas dan berat badan.

Kandungan asam lemak berfungsi sebagai makanan cadangan bagi tubuh dan zat pembakar untuk menciptakan sumber energi. Asam lemak spirulina tersusun atas berbagai bahan seperti myristic, palmitic, palmitolic, heptadecanoic, stearic, oleic, linoleic, dan gamma lenoleic.

Kandungan pigmen dalam spirulina berfungsi sebagai dteoksifikasi (pembersih racun), pengikat partikel-partikel bebas, antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, meningkatkan hemoglobin (Hb) darah dan meningkatkan zat putih darah (limfosit).


=====================================

>>> Spirulina Luxor Makanan Terlengkap Untuk Kesehatan Yang Membersihkan (Detoksifikasi) dan Memberi Gizi, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Khasiat Spirulina and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *