Apa Itu Spirulina

Meskipun termasuk langka, spirulina mempunyai manfaat yang sangat luar biasa terhadap kesehatan.

Spirulina merupakan tumbuhan air sejenis ganggang yang berwarna hijau kebiru-biruan. Tumbuhan ini berbentuk spiral, bersel satu, dan telah ada sejak 3,5 miliar tahun yang lalu. Tumbuhan ini telah dikonsumsi oleh suku Aztec kuno di Meksiko sejak 5 abad yang lalu. Menurut Clare M. Hasler, Ph. D, suku Aztec telah mengolah spirulina ke dalam bentuk biskuit. Biskuit yang menggunakan bahan baku spirulina saat ini juga banyak ditemukan di supermarket-supermarket besar.

Saat ini terdapat sekitar 2.000 jenis spirulina di dunia. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa spirulina dari species plantesis dan strain Pasifica merupakan spirulina yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Spirulina kadang-kadang juga disebut Arhrospira.

Spirulina saat ini lebih banyak dikonsumsi sebagai suplemen pangan (food supplement). Di Jepang, spirulina plantesis lebih dikenal dengan strain Pasifica, sedangkan masyarakat Amerika Serikat lebih banyak mengonsumsi spirulina jenis Pasifica. Di Indonesia, spirulina belum banyak dikenal masyarakat. Padahal tumbuhan ini telah banyak dibudidayakan di Jepang, Meksiko, Amerika Serikat dan Afrika.

Spirulina termasuk makanan yang menyehatkan. Beberapa ahli kesehatan menggolongkan spirulina ke dalam kelas green food. Salah satu keunggulannya adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Warna hijau pada spirulina disebabkan oleh kandungan pigmen klorofil, sedangkan warna birunya berasal dari pigmen phycocyanin.

Seperti halnya pigmen dari warna-warna lain, phycocyanin juga mempunyai manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, mengonsumsi spirulina bukan hanya mendapat keuntungan dari pigmen klorofilnya (pemberi warna hijau), tetapi juga dari pigmen phycocyanin (pemberi warna biru).

Phycocyanin adalah pigmen terpenting dari mikroalga spirulina. Phycocyanin merupakan protein kompleks dengan kadar sekitar 20 persen dari seluruh berat kering spirulina. Itulah sebabnya spirulina dianggap sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein per 100 gram spirulina dapat mencapai 57,5 gram. Konsumsi 200 gram spirulina dapat memenuhi seluruh kebutuhan tubuh akan protein setiap hari.

Spirulina disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Wanita hamil memerlukan protein tinggi yaitu berkisar 44-74 gram per hari. Selama ini, demi menjaga berat badan, banyak wanita yang sedang hamil mengurangi konsumsi makanan, termasuk asupan protein. Padahal hal tersebut tidak baik bagi kesehatan ibu dan anak. Protein diperlukan tubuh sebagai zat pembangun. Pada anak-anak, protein sangat berperan untuk mendukung perkembangan tubuh dan sel otaknya. Sedangkan pada orang dewasa, apabila terjadi luka, memar, dan sebagainya, maka protein dapat membangun kembali sel-sel yang rusak.

Protein dengan komposisi asam amino esensial yang lengkap sangat dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh. Pada kasus stroke, spirulina membantu mengarahkan sel-sel otak sehingga mencegah stroke ulangan, sekaligus mendorong regenerasi sel. Selama ini sumber protein lebih banyak berasal dari daging dan telur yang juga mengandung energi, lemak, dan kolesterol yang cukup tinggi. Padahal protein juga dapat diperoleh dari pangan nabati seperti spirulina.

Keunggulan spirulina sebagai sumber protein adalah kadarnya yang tinggi dengan kandungan lemak yang rendah dan tanpa kolesterol.

Phycocyanin merupakan salah satu dari tiga pigmen utama (yaitu klorofil, karotenoid, dan phycocyanin) yang paling efisien untuk menangkap radiasi yang tersedia dari matahari dan memanfaatkannya dalam proses fotosintesis. Karena mengandung magnesium dan besi, maka phycocyanin merupakan prekursor bagi klorofil dan hemoglobin.


=====================================

>>> Spirulina Luxor Makanan Terlengkap Untuk Kesehatan Yang Membersihkan (Detoksifikasi) dan Memberi Gizi, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Khasiat Spirulina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>